November 15, 2017

Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembangunan Sektor Pertanian Saat Ini di Indonesia

Pertanian adalah suatu kegiatan pemanfaatn sumber daya hayati yang dilakukan oleh manusia yang bertujuan untuk menghasilakn bahan pangan, sember energi, bahan baku industri, dan mengelola lingkungan hidup. Dalam pengertian yang luas, pertanian merupakan semua kegiatan yang mencakup pemanfaatn yang melibatkan mahkluk hidup termasuk tanaman dan hewan. Sedangkan arti sempit dari pertanian adalah suatu kegiatan pemanfaatan suatu lahan untuk membudidayakan jenis tanaman tertentu. Di Indonesia sendiri, sektor pertanian belum begitu maju dikarenakan sumber daya manusianya sendiri belum bisa memanfaatkan sumber daya alamnya secara optimal. Hal ini dikarenakan karena sumber daya alamnya masih banyak yang dimanfaatkan dan diserap oleh pihak luar. Maka dari itu pembangunan sektor pertanian saat ini di Indonesia masih belum baik.

Peranan-Pembangunan-Sektor-Pertanian-Saat-Ini-di-Indonesia

Sektor pertanian adalah salah satu pilar utama dalam pembangunan perekonomian di Indonesia, hal ini merujuk kepada kegiatan perekonomian Indonesia yang hampir seluruh kegiatannya berpusat pada sektor pertanian. Untuk mencapai keberhasikan dalam pembangunan sektor pertanian saat ini di Indonesia, tentu diperlukan adanya kerjasama antara berbagai pihak yang ikut serta langsung di bidang pertanian dalam hal ini yaitu petani, pemerintah, ilmuwan, lembaga peneliti, innovator, maupun kalangan akademik serta pihak swasta sebagai kalangan industry. Dengan demikian diharapkannya hal tersebut dapat memecahkan berbagai masalah di sektor pertanian sehingga daoat meningkatkan ketahanan dan kualitas pangan nasional. Dengan memperhatikan aspek kehidupan bangsa maka kita akan mengetahui bahwa banyak sekali peluang dan kendala dalam meningkatkan pembangunan di sektor pertanian antara lain:

  1. Geografi

Meilihat dari segi geografi indoneisa, pertanian merupakan sistem ruangan yang terdiri dari aspek fisik dan aspek manusia. Aspek fisik antara lain adalah laham, air, iklim, dan udara. Sedangkan untuk aspek manusianya adalah tenaga kerja, teknologi, ekonomi, dan tradisi kehidupan masyarakat. Dengan menganalisis hubungan antara aspek fisik dan juga aspek manusia dalam studi geografi maka kita akan mendapatkan diversifikasi tanaman untuk lahan pertanian. Namun karena perbedaan kondisi geografis di tiap tempat dapat menjadi kendala untuk memeratakan pembangunan di bidang pertanian.

  1. Sumber kekayaan alam

Banyak sekali sumber daya alam yang melimpah untuk sektor pertanian seperti lahan, aneka ragan tanaman pertanian, pengairan, dan iklim apabila dimanfaatkan dengan lebih baik dan maksimal untuk potensi pembangunan sektor pertanian. Kendalanya adalah, jika kita mengeksplorasi sumber daya alam secara berlebih tanpa memperhatiakn kearifan lokal dan lingkungan, maka hal itu akan menyebabkan berkurang dan rusaknya sumber daya alam yang seharusnya bisa dioptimalkan untuk pembangunan sektor pertanian saat ini di Indonesia.

Geografi dan sumber kekayaan alam merupakan aspek yang harus diperhatikan dalam pembangunan sektor pertanian saat ini di Indonesia, namun dengan hadirnya BKPM akan memudahkan investor untuk pengoptimalan sumber daya alam di Indonesia.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: